Online Marketer, Trik Paten Jualan Online

Judulnya click bait banget ya ? Biarin.

Beberapa hari ini saya aktif di facebook, tidak seperti biasanya yang buka beberapa kali seminggu, ngecek notifikasi dan ternyata kosong selain permintaan pertemanan dari orang yang random. Namun yang paling menganggu ketika masuk ke laman facebook adalah facebook sudah beralih menjadi lapak online. Hampir setiap buka facebook feed beranda pasti penuh dengan orang-orang jualan apa saja yang di posting secara langsung di akun pribadi (bukan akun online shop) atau di grup jual beli.

Pengen nangis sebenarnya, karena yang nyepam jualan itu semua teman-teman saya semua yang saya kenal dengan baik dan kebanyakan adalah teman sekolah. Tidak ada salahnya siih mereka meraup rejeki dengan jalan jualan di facebook pribadi. Tapi jualannya cuma ikut-ikutan trend dan nyepam lama-lama juga bikin sakit mata dan bikin pengen blok feed.

Ada loh trik dan tips jualan online bukan cuma asal nyepam dan menuh-menuhin beranda secara brutal dengan dagangan dengan harapan orderan sampai inden dan sukses lancar jaya. Karena nggak mungkin hanya dengan repost dan repost langsung dapat banyak tangkapan mata.

Maka dari itu demi benerin feed facebook yang penuh dengan spam gamis, hijab dan barang lainnya. Maka ijinkanlah saya ngasih tahu bagaimana cara jualan manis berdasarkan pengalaman pribadi suka sama akun yang jualannya anti mainstreem banget.

  1. Akuilah fakta bahwa menjadi reseller online apalagi dengan modal facebook itu berarti kamu bukan satu-satunya reseller di planet ini. Jangan kaku dan asal post karena sering banget orang posting kaya gini “Gamis Polos harga 165K, silakan di order”. Kenapa orang tidak mau kreatif dikit dan jualan dengan sedikit manja,”Monggo diorder Gamis Polosnya buat yang pengen tampil beda buat suami atau buat yang lagi nyari kado pacar kesayangan, Gamis ini bisa jadi pilihan loh. Murah, cuma 165K bahannya premium. Buruan order sebelum inden.”Jelas, itu beda banget.
  2. Jangan spam posting dengan barang jualan, pokoknya jangan ! Karena madu yang manisnya minta ampun bakalan pait kaya jus pare kalo terus-terusan diminum. Triknya adalah diantara puluhan posting jualan, selingilah dengan humor-humor ringan yang receh tapi jangan yang pasaran. Sesekali luangkan waktu buat nyari humor-humor receh lalu di simpen buat amunisi jualan di facebook biar anti ngebosenin. Kenapa humor bukan cerita sedih atau tragedi sekalian ? Ya karena orang lebih suka ketawa ketimbang nangis atau ketakutan. Sampe disini paham ?
  3. Mulailah belajar photoshop. Kalau yang ini alternatif sih karena modalnya bukan cuma hape tapi udah berlanjut ke taraf laptop dengan spek tertentu. Poleslah foto-foto dagangan dengan detail produk disampingnya yang singkat namun jelas. Pasang juga watermark/stempel merk dari toko onlinemu juga kontak yang bisa dihubungi. Ini penting, kenapa ? Karena kebanyakan reseller pasti modal dari galeri asli produknya yang artinya semua reseller kebagian katalog galeri yang sama. Tapi dengan sentuhan photoshop, galeri kamu bakalan beda dengan yang lain menjadikan produk itu jadi kamu banget dan yang pastinya lebih punya nilai jual. Yang perlu dicamkan, photoshop itu nggak sulit karena yang sulit itu orang yang nggak mau belajar.
  4. Jika kebetulan jualan onlinemu menerapkan sistem MLM yang mana bakalan makin tajir dengan banyak downline maka rajin-rajinlah posting uang yang melimpah dengan caption yang bikin sakit mata kaya,”Cuma modal hape, bisa dapet uang segini seminggu. Mau ikutan ?”. Padahal uang yang buat selfi itu adalah hasil dari arisan atau gaji suami sebulan. Penipuan ? Iya juga sih, tapi ini adalah salah satu trik marketing paling jitu karena orang biasanya gampang banget terpengaruh dengan dapet uang banyak dengan mudah. Katakan saja ini adalah jebakan betmen. Dijamin deh, beberapa kali posting kaya gini pasti banyak yang kepo.

Mungkin sih hanya itu wejangan dari orang yang gundah kena spam posting jualan. Mudah-mudahan bisa benerin feed facebook agar nggak melulu orang jualan gamis itu dan itu lagi. Semoga jualan kalian laris manis nantinya. Besok-besok kalau setiap teman saya di facebook ngasih satu juta buat saya, saya bakalan bikin posting; Bagaimana Cara Kaya dari Facebook.

Sekian. Matur tengkyu !

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s