Aplikasi Buat Penulis

Gnote  (Smartphone Android)

Gnote

Gnote fungsinya sama kayak Memo (aplikasi standar untuk nyimpen catatan singkat) hanya bedanya Gnote telah tersinkron dengan Gmail jadi tulisan yang kita simpan di Gnote akan secara otomatis tersimpan secara online di Gmail. Awal mula saya butuh aplikasi ini karena dulu saya hanya menyimpan tulisan di Fastnote dan ketika henpon saya ilang maka ilang juga semua file dari ide-ide yang belum saya tuangkan dalam bentuk tulisan dan belum juga saya back up. Dengan aplikasi ini maka tulisan akan aman meskipun henpon ilang, apalagi dengan fitur kuncinya yang membuat tulisan-tulisan kita aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Hanya saja jika kita memback upnya secara offline dalam memori maka akan memunculkan file dalam format web yang mana tanpa kode kunci pun semua tulisan di Gnote bisa dibaca (Gnote harus update bug ini).

Tips android : hampir semua aplikasi android yang menunjang untuk tulis menulis mempunyai fitur berbagi (share with/share via). Dalam PC ini sama saja fitur copy paste. Gunakan fitur ini untuk mengekspor tulisan antar aplikasi dalam android. Misalkan kita menemukan tulisan yang menarik di web, cukup blok tulisan itu kemudian pilih menu share with lalu pilih aplikasi yang kita inginkan misal ke Gnote. Maka secara otomatis tulisan di web yang kita blok akan disalin ke aplikasi Gnote.

FreeMind (PC Windows)

800px-Freemind-0.9x_Screenshoot

Aplikasi yang satu ini saya sarankan banget buat kamu-kamu yang seneng nulis cerita, baik cerita pendek atau bahkan cerita panjang sekelas novel yang butuh kompleksitas yang tinggi yang tidak cukup dituangkan dalam teks saja dalam membuat kerangka awalnya tapi butuh diagram semacam flow chart, maka saya sarankan software ini wajib nangkring di PC kamu.

Dengan aplikasi ini maka dengan mudah menyederhakan gambaran keseluruhan dari ide yang kita gagas. Misalkan saja kita sedang mendesain seorang karakter yang untuk sebuah novel maka FreeMind bisa membantu kita menyederhanakan gambaran totalnya.

Eyes Relax (PC Windows)

Eyes Relax

Sebenarnya ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia tulis menulis tapi tetap saja software ini sangat berguna buat penulis yang sangat peduli dengan kesehatan matanya.

Aplikasi Eyes Relax adalah aplikasi pengingat untuk kita istirahat sejenak dari layar PC. Kita bisa mengatur jadwal kita kerja di depan PC dan berapa menit jeda untuk mengistirahatkan mata. Ketika kita telah mencapai batas waktu yang telah diatur maka secara otomatis Eyes Relax akan memblok semua akses ke PC dengan menjadikan Eyes Relax sebagai layar utama dan kita tidak bisa mengakses kembali PC kita sebelum waktu istirahat habis kecuali jika kita membatalkan jadwal istirahatnya dengan memasukan kode adminya. Sangat berguna juga buat membatasi anak yang kecanduan main PC.

Jadi buat yang demen banget mainin laptop atau PC, baik untuk nge-game, kerja atau sekedar browsing sampai lupa waktu maka Eyes Relax wajib banget buat dipasang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s