Film Rekomendasi yang Wajib Banget Ditonton

Kalau ada yang nanya film apa yang bagus banget buat ditonton, saya bakal kasih rekomen film yang mungkin sebagian udah terlalu lama tapi deretan film ini adalah film terbagus sejauh yang saya tahu (maklum bukan pemburu film). Dan untuk sekedar catatan semua film rekomendasi ini murni opini pribadi, tidak ada campur pihak lain atau afiliasi dari film yang bersangkutan.

So, here we go !

3 Idiots

Ini film India yang dibintangi sama Amir Khan. Kenapa film ini saya rekomendasikan banget, pertama lagi ? Karena film ini berisi kritikan sekaligus tamparan yang pedas terhadap sistem pendidikan yang berjalan pada dunia pendidikan umumnya. Mulai tujuan pendidikan, cara mendidik dan hakikatnya. Semua dikemas apik plus lucu lewat perjalanan 3 manusia bodoh yang belajar di sebuah universitas permesinan (ICE).

Yang menjadi menarik dari film ini adalah karena ini adalah film pertama buat saya yang menyoroti kesalah kaprahan dalam dunia pendidikan yang sudah berjalan selama berabad-abad tanpa pernah kita sadari. Dalam film ini kita diajak untuk berpikir dan merenung tentang hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara meraihnya dan tentu manfaatnya pada kehidupan.

Pokoknya film ini rekomen banget buat yang orang yang suka belajar, peduli dengan dunia pendidikan dan cinta dengan ilmu pengetahuan.

Di mata saya (orang awam plus amatir dan bukan pengamat film) kekurangan film ini cuma satu, pas lagi adegan menerbangkan kamera drone, hasil penyempurnaan mesin milik Joy Lobo yang divonis bahwa tahun ini ia tidak lulus. Dalam adegan itu ada puluhan mahasiswa yang menyaksikan bahwa mesin Joy Lobo bekerja secara sempurna dan sebagai kejutan ia terbangkan ke kamar Joy Lobo yang berada di lantai dua yang ternyata sudah gantung diri. Yang jadi pertanyaan, dari sekian puluh mahasiswa yang tahu persis bahwa Joy Lobo gantung diri, kenapa cuma tiga manusia bodoh (tiga tokoh utama) yang berlarian menuju kamar Joy Lobo yang sudah mati gantung diri. Apakah dalam film itu hanya tiga manusia itu yang masih punya jiwa kemanusiaan ? Apakah dalam dunia pendidikan, terlebih lagi dunia permesinan yang menjadi tajuk utama film ini masalah kemanusiaan adalah hal yang dikesampingan. Jika iya, maka film ini miris sekali.

Tapi lepas dari minus yang saya ceritakan tadi, film ini wajib banget buat ditonton. Selain menghibur, film ini mengajak kita untuk kembali menengok sistem pendidikan yang banyak salahnya tapi sudah kadung membudaya dan mendarah daging.

Crazy Little Thing Called Love (First Love)

Kalo yang ini film Thailand yang bukan cuma lucu tapi romantis banget. Sekedar spoiler sih film ini bercerita tentang gadis jelek nan dekil yang cinta sama kakak kelasnya yang notabene ganteng plus doyan fotografi juga (jangan bayangin saya). Perjuangan cintanya dibantu dua teman karibnya yang membantu mendapat cinta sang kakak kelas lewat panduan buku ajaib tentang cinta yang ampuh buat ngedapetin orang yang dicintai.

Pokoknya kalo nonton film ini selain bikin baper juga bakalan ketawa kepingkal-pingkal plus haru juga menyaksikan persahabatan mereka bertiga. Rekomen pokoknya kalo nyari film yang lucu, romantis plus mengharukan.

Suckseed

Yang ini juga film Thailand. Saya juga heran kenapa saya jadi doyan banget dengan film-film Thailand, mungkin karena wajah-wajah mereka yang tidak beda jauh dengan wajah-wajah orang Jawa yang kecantikannya itu alami tanpa banyak make up alias tidak menor.

Buat yang nanya ini film apa, ini adalah film musik yang keren abis karena dalam beberapa adegan ketika ada lagunya, pemilik lagunya dihadirkan buat lipsync seolah mereka menyanyi secara live dalam adegan itu. Bukan cuma itu saja, film ini juga bercerita tentang perjalanan sebuah band untuk memenangkan sebuah ajang kompetisi paling bergengsi antara SMA, Hotwave Music AwardS yang juaranya nanti bakalan menjadi band pembuka konsernya Bodyslam (band gede Thailand).

Dan film ini bukan melulu ngomongin masalah musik saja tapi film ini juga nyeritain masalah perjalanan cinta masa lalu dan kerasnya persahabatan dengan orang yang frontal dan suka bikin keputusan sendiri tanpa meminta persetujuan orang lain terlebih dahulu dan cenderung gegabah.

Tapi buat saya sih yang paling keren dan menjadi daya tarik utama dari film ini sih Ern, gadis yang jadi rebutan oleh dua sahabatnya sendiri. Ern, dengan wajahnya yang manis dan lugu itu makin terlihat cantik ketika nunjukin skill gitar metalnya. Aaauuuwww, saya langsung jatuh cinta. Kalo saja saya tahu film ini bakalan dibuat, saya rela deh jauh-jauh dateng ke Thailand dan ngebujuk Om Sutradaranya supaya saya dijadikan orang ketiga yang memperebutkan Ern. Nggak digaji juga nggak apa-apa, asalkan endingnya saya jadian sama Ern. Halah maunya ! Dasar kanebo kumel !

Jadi begitulah, buat yang lagi nyari film yang bercerita tentang musik terus dibumbui oleh kisruh asmara dan persahabatan. Film ini masuk dalam daftar rekomen. Karena selain lucu, romantis plus mengharukan, juga lagu dalam film ini meskipun dalam bahasa Thailand tapi tetep aja easy listening, gampang banget nyantol ditelinga. Sampai-sampai saya langsungan streaming musik aslinya via Youtube. Mulai dari musik yang nongol pas patah hati di kereta (Lieng Song – So Cool) hingga lagunya dari band The Arena yang vocalnya adalah Ern sendiri (Arena – No More Tear). Keren dan menghibur banget.

The Hobbit : The Battle of Five Armies

Kalo yang ini sebenarnya sih nggak usah dimasukan list juga semua kayaknya udah tahu kalau film ini memang bagus dan epic banget. Film Hollywood sekaligus box office, siapa juga yang nggak ngeburu buat jadi penonton pertamanya dan pamerin foto tiketnya di medsos. Hayo ngaku !

Ada banyak film Hollywood yang masuk box office tapi cuma ini yang direkomenin ? Ya, kalo film Hollywood lain nggak nonton nggak apa-apa, tapi kalo film ini sampe kelewatan maka rugi besar. Rugi kalo sampe melewatan pertempuran besar antar kerajaan yang epicnya luar biasa. Menurut saya sih, scene pertempuran di film ini ngalahin film 300 Spartans dan 300 Rise of An Empire (kedua film ini bagus banget tempurnya, cuma darah dimana-mana dan adegan penggal kepala kaya nggak ada yang ngeri ngeliat kepala pisah dari leher).

Yang bikin saya masih nggak habis pikir sampai sekarang adalah bagaimana sang pembuat cerita ini mendapatkan referensi tentang gaya tempur yang luar biasa kerennya. Seumur-umur baru ngerti cara bertempur seperti itu dan alatnya juga baru pertama ngerti.

Bayangkan saja pasukan Hog Raider (manusia naik babi gede) ngelawan pasukan peri dengan senjata utamanya panah yang sekali meluncur itu udah kaya hujan panah (di film 300 juga ada adegan hujan panah yang kaya gitu). Dalam argumen saya sih, pasukan naik babi itu bakalan ludes oleh hujan panah sang peri sebelum mereka menyentuh para peri itu, apalagi senjata mereka cuma palu (kaya milik Thor, hanya saja lebih gede plus bentuknya yang dibikin prisma ujung bawah sama atasnya). Dan argumen saya patah seketika itu juga dan tanpa sadar keluar kalimat kagum,”Kurang ajar, ini kenapa film tempurnya epiknya kebangeten sih ?”

Disaranin sih kalo mau nonton film ini nonton dari awal, mulai dari Hobit, Unexpected Journey terus Desolation of The Smaug baru deh sebagai pungkasan nonton film ini yang durasinya minta ampun. Syukur-syukur sih abis itu nonton The Lord of The Rings dari 1-3, biar lebih mantep lagi. Hehehehe.

Untuk sementara rekomen filemya segitu dulu, silakan berburu film itu di rentalan DVD, Bluray atau CD orisinal terdekat kalian atau streaming di aplikasi legal macam Hoox atau sejenisnya. Selamat menonton, semoga rekomen saya bermanfaat. Sampai jumpa di rekomen film selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s