Eksotisme Sunrise di Gunung Sindoro

Kemarin saya habis hunting sunrise di Gunung Sindoro yang terletak di Kabupaten Temanggung. Saya tidak sendirian karena saya ikut dalam Penmas (Pendakian Massal) yang diadakan oleh MIPL (Mahasiswa Informatika Peduli Lingkungan) STMIK AMIKOM Purwokerto.

Basecamp Sindoro

Rombongan berangkat dari Purwokerto sekitar jam setengah sebelas dan sampai di Basecamp Sindoro jalur Kledung jam dua siang. Disana kita persiapan selama satu jam, setelah itu pendakian langsung dimulai. Pendakian dibagi menjadi dua sesi, pertama pendakian menuju tempat pendirian dome (kemah) dan sesi kedua pendakian dari kemah menuju puncak.

Perjalanan pertama menuju tempat pendirian dome kita membentuk group dengan 4 orang. Saya, Aziz dari Bandung, Supri si Pemilik Kafe, dan Febri dari Harapan Bangsa.

Pendakian Sindoro1

Kita berempat berangkat dari basecamp tapi pada akhirnya cuma bertiga nyampai bareng di tempat pendirian dome. Kita sampai di tempat pendirian dome jam setengah enam mendekati maghrib. Sepanjang perjalanan kita menikmati suguhan pemandangan dari Gunung Sumbing yang terletak tak jauh dan bersebelahan.

Pendakian Sindoro 2

Pendakian Sindioro 3Di kemah kita istirahat, makan dan menyiapkan untuk pendakian menuju puncak sambil menikmati pemandangan kota – kota sekitar pada malam hari.

Sindoro City View

Sesuai jadwal, kita melanjutkan pendakian menuju puncak pada pukul tiga, tapi atas usul dari Supri si empu dari salah satu Kafe di Banyumas kita mendahului untuk mulai pada pukul dua dini hari. Pencurian start itu dilakukan oleh enam orang, termasuk saya.

Menuju Puncak Sindoro

Kita akhirnya tidak menikmati sunrise di puncak karena sunrise udah nongol sebelum kita nyampe punyak, padahal puncak paling kurang 15 menit lagi dan asap kawah sudah terlihat. Tapi kalau nunggu nyampe di puncak, matahari udah keliat penuh. Jadilah kita menikmati sinar mentari pagi dibawah puncak.

Sunrise Gunung SindoroSunrise Gunung Sindoro2Keren sumpah ! Menikmati detik – detik nongolnya sang mentari sambil sibuk jepret sana sini sambil mengambil pose sebanyak – banyaknya.

Sunrise Gunung Sindoro1Baru setelah matahari sudah mulai panas dan sudah kehabisan gaya buat sesi foto, kita lanjut menuju puncak.

Menuju Puncak Sindoro 2Menuju Puncak Sindoro 3Jam tujuh kita baru nyampe dipuncak dengan aroma belerang yang begitu menyengat, sesak buat nafas dan perih di mata.

Puncak Gunung Sindoro 2Puncak Gunung Sindoro

Kita tidak lama – lama di puncak, selain mulai panas, aroma belerang yang menyengat dan kita dikejar jadwal buat turun lebih awal biar nyampai di basecampe lebih awal. 🙂

Sebelum pulang ada juga acara bagi – bagi doorprize. Dan alhamdulillah, saya dapet barang mungil. Sleeping Bag !

Sleeping Bag

Terima kasih MIPL AMIKOM, terima kasih temen – teman pendaki yang budiman dan terima kasih ya Allah atas semua rahmat dan karuni serta nikmat – Mu di semesta ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.